Kamis, 19 Maret 2015

Tujuan dan Fungsi Public Relations

1.            Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi dengan publiknya, baik publik intern maupun extern dalam rangka menanamkan pengertian.

Hubungan baik bisa terjadi jika ada rasa saling percaya antara atasan dengan bawahan perusahaan serta perusahaan dengan masyarakat.

Hubungan tidak akan terjadi jika terdapat rasa curiga di antara mereka.

Misalnya, ketika seorang atasan berjalan di perusahaan dan bertemu dengan karyawannya, maka atasannya harus menyapa karywannya, atau ketika jam makan siang seorang atasan mengajak karyawannya untuk makan siang di sebuah rumah makan. Hal ini tidak bisa terjadi jika seorang atasan mempunyai rasa sombong.

2.            Memberikan informasi sebanyak dan sejelas mungkin mengenai institusi.
Menyebarkan informasi yang akurat tentang perusahaan agar tidak terjadi salah paham masyarakat tentang perusahaan.

Misalnya menyebarkan informasi tentang visi dan misi perusahaan, situasi perusahaan, dan jika ada isu buruk tentang perusahaan, maka public relation yang akan membenarkan atau menyalahkan isu tersebut.

3.           Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasinya.

Opini public sangat berperan dalam mengembangkan perusahaan, karena dengan mengetahui opini public maka perushaan bisa melakukan tindakan yang akan untuk memperbaiki perusahaan dan membuat masyarakat memberi perhatian terhadap perusahaan tesebut karena pendapat mereka diperhatikan oleh perhatikan oleh perusahaan.

4.            Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran dan informasi yang utuh

Ketika berkomunikasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat, public relation harus menyebarkan informasi yang berdasarkan kebenaran, karena jika dalam informasi tersebut terdapat kebohongan dan masyarakat mengetahuinya, maka masyarakat tidak akan mempercayai perusahaan tersebut.



Sumber : http://indadestrian.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar